Jumat, 15 Juni 2012

Pengalaman Berkendara


Helm, Jaket, Sarung Tangan, Safety Shoes merupakan perlengkapan wajib bagi kita para pengendara motor. Karena perlengkapan tersebut meminimalisir tingkat kecelakaan. Namun hal tersebut banyak dilupakan oleh para pengendara motor dan dianggap hal sepele dan merepotkan.

Hal itu juga pernah saya alami...dengan menyepelekan keselamatan dalam berkendara dengan menggunakan perlengkapan keselamatan. Kejadian ini terjadi 2 tahun lalu yaitu tahun 2010 ketika saya hendak menjenguk teman yang sedang sakit di daerah Bekasi Timur. Pada saat itu, hari sangat panas dan gerah. Saya berangkat sempat berpikir...memakai jaket dan sepatu atau tidak. Lalu saya putuskan berangkat untuk tidak menggunakan jaket dan sepatu, hanya menggunakan rompi dan sendal. 

Sampai rumah teman saya dengan selamat. Dan kami pun berkumpul dan mengobrol kesana kemari. Tak terasa waktu sudah menunjukkan waktu jam 23.00 WIB. Saya pun memutuskan untuk pamit pulang dengan melalui jalan yang belum pernah saya lewati. Alasan saya melewati jalan tersebut karena jalan tersebut berdasarkan informasi dari teman saya merupakan jalan terdekat untuk menuju rumah saya.

Saya pun mulai memacu laju motor saya melewati jalanan yang sepi, gelap dan tidak rata jalannya. Karena ingin sampai rumah dengan cepat. Saya pun semakin  memacu laju motor saya sampai 100 km/jam dan tanpa menghiraukan jalanan yang tidak rata. Dan pada suatu tempat, tanpa saya sadari ternyata ada satu jalanan amblas yang saya lewati. Saya pun akhirnya terbang bersama motor saya dan terjatuh bersama motor saya. Saya terseret bersama motor saya. Sarung Tangan, Rompi dan Celana saya sobek compang camping karena terseret bersama motor dan sepatu saya terlepas entah kemana. Tangan, Badan dan Kaki saya lecet-lecet karen terkena aspal. Untung kepala saya masih terlindungi karena saya mengenakan helm full face. Entah apa jadi nya jika saya tidak menggunakan helm full face, mungkin sudah luka-luka wajah saya.



Hal tersebut diatas tidak akan terjadi jika saya mengutamakan keselamatan dalam berkendara, seperti memakai helm, sarung tangan, jaket, safety shoes yang sesuai dengan standar keselamatan dalam berkendara. Ternyata pentingnya perlengkapan berkendara baru bisa kita rasakan pentingya setelah kita mendapatkan musibah. Dan kita juga harus tau kondisi jalan yang kita akan lalui. Jika kita tidak tau kondisi jalan yang akan kita lalui, sebaiknya kita lalui dengan hati-hati dan dalam kondisi kecepatan yang tidak terlalu cepat. 

Semoga cerita saya bisa menjadikan pelajaran berharga bagi rekan-rekan semua....!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar