Rabu, 04 April 2012

Mitos Suatu Daerah


Definisi Mitos
Mitos atau mite (Myth) adalah cerita prosa rakyat yang ditokohi oleh dewa atau makhluk setengah dewa yang terjadi di dunia lain (khayangan) pada masalampau dan di anggap benar-benar terjadi oleh yang empunya cerita atau penganutnya.

Mitos pada umumnya mengisahkan tentang terjadinya alam semesta, dunia, manusia pertama, terjadinya maut, bentuk khas binatang, bentuk topografi, gejala alam dan sebagainya. Mitos juga mengisahkan petualangan para dewa, kisah percintaan mereka, kisah perang mereka dan sebagainya. Selain berasal dari Indonesia, adapula mitos yang berasal dari luar negeri. Mitos yang berasal dari luar negeri pun pada umumnya sudah mengalami pengolahan lebih lanjut sehingga tidak terasa lagi asing.

Kenapa Mitos Dipercaya
Mitos di percaya di masyarakat sebab mayarakat tradisional khusus nya beranggapan bahwa mitos akan berpengaruh dalam kehidupan mereka yang masih sangat kental kebudayaan daerah peninggalan leluhur nya. Mereka beranggapan bahwa kepercayaan leluhurnya akan membawa kebaikan dalam kehidupan keturunanya.

Contoh-contoh  Mitos
Begitu banyak contoh-contoh mitos yang ada di dindonesia.karena Indonesia sendiri memiliki berbagai suku bangsa dan beragam-ragam kebudayaan yg kaya. kita tahu sendiri bahwa memang Mitos sangat berhubungan dengan terjadinya tempat, alam semesta, para dewa, adat istiadat, dan konsep dongen suci.

Ini adalah beberapa contoh Mitos yang ada di Indonesia.
1. Cerita terjadinya mado-mado atau marga di Nias (Sumatra Utara)
2. Cerita barong di Bali.
3. Cerita pemindahan Gunung Suci Mahameru di India oleh para dewa ke Gunung Semeru yang dianggap suci oleh orang Jawa dan Bali.
4. Cerita Nyai Roro Kidul (Ratu Laut Selatan)
5. Cerita Joko Tarub
6. Cerita Dewi Nawangwulan 
7. Dan lain sebagainya

Sumber Referensi :
http://id.shvoong.com/humanities/history/2255987-pengertian-mitos/#ixzz1orvIwe5B
http://www.sentra-edukasi.com/2011/06/pengertian-dan-contoh-contoh-mitos-di.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar