Senin, 24 Oktober 2011

Wanita dan Dikriminasi Gender


Anda seorang wanita bekerja yang sudah cukup lama menempati posisi saat ini tetapi belum mendapat kesempatan promosi jabatan. Padahal seharusnya Anda bisa melaju pesat dan sudah berada di top level management dalam perusahaan. Merasa Anda adalah perwakilan dari mereka yang stuck padahal secara kualifikasi sudah lebih dari memenuhi syarat? Padahal rekan lelaki Anda yang dengan kemampuan standar malah menduduki posisi tinggi dengan mudahnya? Seandainya pun Anda mampu mencapai posisi puncak tersebut, tetapi tidak secepat pria.

Beberapa kelemahan wanita seperti kurang agresif, lebih menggunakan perasaan dari pada logika, kurang sensitive, dan kurang berani mengambil resiko sering kali menjadi faktor mentoknya karir wanita. Kerap pula ditemui wanita dengan skill, pendidikan, dan dedikasi tinggi juga stuck diposisi tertentu. Bila gender menjadikan Anda sebagai wanita terdiskriminasi, coba simak langkah berikut:

Deskripsikan masalah Anda. coba Anda rangkum seluruh kejadian yang menurut Anda hal ini merupakan diskriminasi gender. Buatlah deskripsi mengenai masalah dengan sebenar-benarnya. Apakah ada wanita lain yang memiliki kejadian serupa di tempat kerja Anda?

Introspeksi dan evaluasi diri Anda. Apakah ada sebab lain karir Anda menjadi terhambat? Evaluasi diri Anda apakah sudah bekerja dengan maksimal dan mencapai target? Apakah pencapaian tersebut sudah memenuhi kualifikasi untuk memperoleh promosi jabatan?

Kumpulkan informasi. Cari informasi mengenai diskriminasi dan kumpulkan nama sumber yang dapat mendukung permasalahan Anda tersebut. Jika perlu ajak rekan wanita yang mengalami hal serupa untuk bersama-sama membicarakannya dengan atasan Anda.

Diskusikan dengan atasan Anda. Jika rekan wanita Anda tidak mau ikut membicarakannya jangan dipaksa, mungkin baginya posisi saat ini sudah cukup. Jangan lupa untuk membawa data pendukung yang telah Anda kumpulkan sebelumnya dengan lengkap. Sedapat mungkin temukan solusi terbaik yang menguntungkan bagi Anda mau pun atasan Anda.

Tetap bekerja dengan sungguh-sungguh. Jangan karena adanya permasalahan seperti ini semangat kerja Anda jadi kendur. Tetap tunjukkan kepada atasan Anda bahwa Anda seorang profesional yang tetap bisa fokus di tengah permasalahan.

Perjuangkan hak Anda. Seharusnya sudah tidak ada lagi diskriminasi gender antara pria dan wanita dalam urusan pekerjaan. Jika Anda merasa kemajuan karir Anda jadi terhambat karena diskriminasi ini, maka Anda berhak untuk memperjuangkan hak Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar